Friday, May 27, 2011

Google Wallet Sebagai Dompet Digital


Google Wallet merupakan aplikasi mobile gratis dari google untuk menjadikan smartphone sebagai dompet elektronik dan didesain untuk menggantikan kartu kredit.

Google telah mengumumkan platform pembayaran mobile miliknya pada hari ini, Jumat 27 Mei 2011 yang bisa digunakan di 124 ribu toko di Amerika Serikat. Kemudian nantinya akan menyambangi 311 ribu lagi di seluruh dunia.

Layanan ini akan memanfaatkan chip komunikasi (NFC) di smartphone yang pada dasarnya mengirimkan data transaksi keuangan dengan gelombang atau gesekan di sebuah alat check out toko.

sumber gambar : detiknet (dot) com
google walet (techblog)

Google Wallet awalnya baru bisa bekerja di ponsel Google Nexus S yang beroperasi di jaringan Sprint. Kemudian akan diekspansi ke ponsel Android lain, namun hanya khusus yang memiliki teknologi Near Field Communication (NFC).

Chip NFC di ponsel memungkinkan user yang telah memasukkan detail kartu kreditnya, melakukan pembelian dengan sistem PayPass dari CitiMasterCard. Pengguna cukup mengacungkan ponsel di perangkat pendeteksi kala membeli barang dan pembayaran otomatis dibebankan pada kartu kredit.

Selain itu, Google Wallet hanya akan mendukung Citi MasterCard dan Google Prepaid Card. Namun nantinya platform ini akan terbuka untuk kartu pembayaran apapun.

"Kami ingin menciptakan model pembayaran yang menarik sehingga bisa mengajak lebih banyak mitra untuk bergabung," ujar Vice President of Payments Google, Osama Bedier, sebagaimana dikutip Yahoo News.

Meski telah mengumumkannya secara terbuka, layanan Google Wallet belum bisa dinikmati secara komersil, karena saat ini masih dalam tahap uji coba. Konsumen baru bisa menggunakan Google Wallet di musim panas nanti di Amerika Serikat.

Menurut Stephanie Tilenius, Google's Vice President for Commerce and Payments, google berencana akan melakukan ekspansi secara internasional, pertama kali di Eropa dan kemudian Asia. Namun tidak jelas apakah nantinya juga menyambangi Indonesia.

Google menjamin transaksi melalui Google Wallet dapat dilakukan dengan aman. Mereka mengklaim sekuriti adalah prioritas utama dalam layanan baru ini.

Semoga kelak kita bisa dimanjakan dengan fasilitas ini

Comments :

2 comments to “Google Wallet Sebagai Dompet Digital”

Beben Koben said...
on 

duh...ATM ajah ga punya nih...hihihihi

Yohanes said...
on 

@Beben : ATM nya ga butuh Kang, yang penting isinya...hehehe

Post a Comment

- Maaf, untuk sementara blog menjadi no follow sampai tahun depan
- Komentar sobat akan langsung tampil
- Hindari komentar berbau SARA dan SPAM (mohon tidak menulis alamat blog di kolom komentar)
- Bila dilanggar, maafkan saya bila terpaksa menghapus komentar sobat
- Silahkan berkomentar ^_^
- Terima kasih

 

Copyright © 2009 by Panduan Belajar Blogspot

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger